Game MOBA Pertama di Dunia: Awal Mula Genre yang Mendunia
Game MOBA Pertama di Dunia: Awal Mula Genre yang Mendunia
Genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) kini menjadi salah satu genre paling populer dalam industri game, melahirkan judul-judul besar seperti Dota 2, League of Legends, dan Mobile Legends. Namun, apakah Anda tahu bagaimana genre ini bermula? Perjalanan MOBA memiliki sejarah panjang yang dimulai dari game sederhana hingga menjadi fenomena global. https://game2day.org/
Artikel ini akan membawa Anda menyelami asal-usul MOBA, membahas game pertama yang memulai semuanya, serta bagaimana evolusinya hingga menjadi genre yang kita kenal saat ini.
1. Asal Mula MOBA: Inspirasi dari Game Strategi
MOBA berasal dari akar permainan strategi real-time (RTS). Pada akhir 1990-an, genre RTS seperti StarCraft dan Warcraft mendominasi dunia game. Mekanisme permainan yang menuntut pengelolaan sumber daya, strategi, dan pertempuran skala besar menjadi inspirasi utama untuk genre MOBA.
Namun, ide MOBA sebagai mode permainan unik pertama kali muncul dari modifikasi sebuah game RTS. Game pertama yang melahirkan konsep ini adalah Aeon of Strife.
2. Aeon of Strife (1998): Fondasi Awal MOBA
Game yang sering disebut sebagai pelopor MOBA adalah Aeon of Strife (AoS), sebuah modifikasi pada StarCraft yang dirilis oleh Blizzard Entertainment pada 1998. Mod ini dibuat oleh penggemar yang ingin menghadirkan pengalaman bermain berbeda dari mode RTS tradisional.
Konsep Utama Aeon of Strife
- Gameplay Sederhana: Pemain mengontrol satu unit (hero) dan bertarung bersama sekutu melawan tim lawan.
- Lini Perang (Lanes): Tiga jalur pertempuran utama menjadi ciri khas, dengan pasukan (creeps) otomatis berjalan di jalur tersebut.
- Fokus pada Kerja Tim: Pemain harus bekerja sama untuk menghancurkan markas lawan.
Meski sederhana, konsep ini berhasil menciptakan pengalaman unik yang menjadi fondasi MOBA modern. Namun, AoS tidak terlalu populer karena keterbatasan modding pada StarCraft.
3. Defense of the Ancients (DotA): Evolusi MOBA Modern
Lompatan besar untuk genre MOBA terjadi pada tahun 2003 dengan munculnya Defense of the Ancients (DotA), sebuah mod untuk Warcraft III: Reign of Chaos dan ekspansinya, The Frozen Throne. DotA dirancang oleh modder anonim bernama Eul, yang terinspirasi oleh Aeon of Strife.
Inovasi yang Dibawa DotA
- Hero Unik: DotA memperkenalkan berbagai hero dengan kemampuan (skills) yang beragam, memberikan pengalaman bermain yang lebih kaya.
- Item dan Progression: Pemain dapat membeli item untuk meningkatkan kemampuan hero mereka, menambah elemen RPG ke dalam gameplay.
- Kompetitif: DotA mulai menarik perhatian komunitas kompetitif, dengan turnamen kecil yang diselenggarakan oleh komunitas.
Ketika Eul meninggalkan proyek tersebut, pengembang lain seperti Steve “Guinsoo” Feak dan IceFrog mengambil alih dan memperbaiki mod ini, menjadikan DotA semakin populer.
DotA Allstars
Versi DotA Allstars yang dikembangkan oleh IceFrog menjadi landasan utama MOBA modern. DotA Allstars menarik jutaan pemain di seluruh dunia dan menjadi fenomena global. Popularitas DotA juga membuka jalan bagi perusahaan besar untuk mulai memperhatikan genre ini.
4. League of Legends dan Dota 2: Lahirnya MOBA Profesional
Kesuksesan Defense of the Ancients menarik perhatian para pengembang game profesional. Riot Games merilis League of Legends pada tahun 2009, dan Valve mengembangkan Dota 2 yang dirilis secara resmi pada 2013. Kedua game ini membawa MOBA ke tingkat yang lebih tinggi.
League of Legends (LoL)
- Gameplay Cepat: LoL menawarkan permainan yang lebih cepat dibandingkan DotA, dengan grafis yang lebih ringan dan ramah untuk pemain baru.
- Kompetisi Esports: Riot Games mendukung komunitas kompetitif dengan menyelenggarakan turnamen global seperti League of Legends World Championship.
- Komunitas Besar: LoL berhasil membangun komunitas global yang terus tumbuh hingga hari ini.
Dota 2
- Kesetiaan pada DotA Asli: Dota 2 mempertahankan elemen gameplay yang kompleks dari versi aslinya.
- The International (TI): Turnamen tahunan The International menjadi salah satu acara esports dengan hadiah terbesar di dunia, menjadikan Dota 2 game MOBA yang sangat dihormati.
5. Dampak MOBA pada Industri Game
MOBA telah mengubah wajah industri game dalam banyak cara:
- Esports: Genre MOBA mendominasi panggung esports global, dengan jutaan penonton dan hadiah besar.
- Game Mobile: Popularitas MOBA juga meluas ke platform mobile dengan hadirnya game seperti Mobile Legends dan Arena of Valor.
- Komunitas Global: MOBA menciptakan komunitas internasional yang terus berkembang, dari pemain kasual hingga profesional. https://olivierameisen.com/
Kesimpulan
Game MOBA pertama di dunia, Aeon of Strife, adalah cikal bakal dari genre yang sekarang mendominasi dunia game. Meski sederhana, konsepnya menginspirasi modifikasi seperti Defense of the Ancients, yang kemudian berevolusi menjadi Dota 2 dan League of Legends.
Hari ini, MOBA tidak hanya menjadi genre populer tetapi juga pilar utama dalam dunia esports, membuktikan bahwa inovasi kecil dapat berkembang menjadi fenomena besar yang mengubah industri game. Dengan sejarah panjang ini, MOBA akan terus menjadi bagian penting dari perkembangan game di masa depan.
Baca juga : Rekomendasi Game RPG Terpopuler untuk Para Gamer Sejati